logo-raywhite-offcanvas

30 Apr 2024

Yuk Kenali Cara Memilih Karpet yang Sesuai Untuk Ruangan!

Yuk Kenali Cara Memilih Karpet yang Sesuai Untuk Ruangan!

Tidak hanya sebagai salah satu elemen dekoratif untuk di dalam rumah, karpet juga bisa memberikan manfaat untuk kenyamanan dan menambah suasana hangat dalam sebuah ruangan. Selain itu, dengan adanya karpet juga bisa digunakan untuk tempat duduk dan bersantai jika terdapat di ruang keluarga, atau bisa menjadi area yang aman untuk anak bermain.

Dengan berbagai macam manfaat dari karpet, pemilihan karpet juga tidak bisa sembarangan dan bisa menjadi suatu hal yang menantang yang harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda ingin memilih karpet untuk ruangan yang cenderung sempit, pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar dengan bahan atau material yang sesuai supaya ruangan tidak terkesan lebih sempit dan berantakan. 

  1. Gunakan karpet menyesuaikan dengan ukuran ruangan

Cara utama dalam memilih karpet adalah harus menyesuaikan dengan ukuran. Langkah pertama yang Anda bisa lakukan adalah tentukan terlebih dahulu dimana Anda akan menaruh karpet, apakah akan di ruang keluarga atau di kamar atau di ruangan lainnya, kemudian tentukan terlebih dahulu dimana Anda akan meletakkan karpet pada ruangan tersebut, dan selanjutnya pilihlah karpet dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau tidak terlalu pas yang bisa mencakup area pada ruangan sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Gunakanlah karpet yang sesuai dengan proporsi ruangan agar ruangan tetap terlihat luas dan minimalis. Misalnya, Anda ingin menaruh karpet pada lantai di ruang keluarga yang ingin Anda letakkan di bawah sofa, maka ukuran karpet yang sesuai adalah karpet yang minimal sama dengan lebar sofa. 

  1. Pilih material karpet yang nyaman

Selanjutnya, pastikan Anda memilih material karpet dari bahan yang memiliki kualitas yang baik. Karpet yang memiliki kualitas tinggi, umumnya akan bertahan lama dan lebih mudah dibersihkan dari kotoran dan debu, serta lebih lembut dan nyaman untuk digunakan. Material karpet seperti yang berbahan alami seperti katun, wol, atau kapas bisa memberikan kenyaman yang lebih ekstra. 

  1. Sesuaikan bentuk, warna dan motif karpet sesuai selera

Kemudian, pemilihan bentuk, warna dan juga motif karpet tidak boleh sembarang pilih. Dengan beraneka ragam bentuk, motif serta warna karpet, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera serta menyesuaikan suasana ruangan. Padu padan antara motif dan warna pada karpet juga harus sesuai supaya suasana ruang tidak menjadi terkesan berantakan dan karpet menjadi suatu hal yang mencolok. Bentuk karpet yang beraneka ragam seperti persegi panjang, bulat, atau abstrak juga harus sesuai supaya tidak terkesan berantakan. Pemilihan warna dan motif karpet juga bisa menyesuaikan dengan warna dinding dan perabotan pada ruangan tersebut. Anda juga bisa memilih karpet dengan motif sederhana serta warna netral supaya bisa menyatu dengan seluruh ruangan pada rumah Anda. 

  1. Sesuaikan karpet dengan tema serta suasana ruangan

Terakhir, Anda bisa memilih karpet dengan menyesuaikan tema atau gaya desain dari rumah Anda maupun dengan suasana ruangan. Pemilihan warna karpet netral cocok untuk diletakkan di kamar supaya terkesan lebih nyaman untuk mendukung suasana istirahat, atau Anda bisa memilih karpet dengan bentuk, warna, dan motif yang mencolok untuk menjadi statement piece pada ruangan Anda yang cocok untuk digunakan pada ruang tamu.

Dengan panduan memilih karpet diatas, Anda bisa menjadikan ruangan pada tempat tinggal Anda menjadi lebih nyaman. Tapi, jika hunian yang sudah pasti dan terjamin nyaman, Anda hanya bisa menemukannya di Ray White Menteng. Ray White Menteng merupakan salah satu kantor cabang agen properti yang menawarkan layanan pemasaran, penilaian properti, konsultasi investasi properti, serta dapat membantu Anda dalam proses jual/beli atau sewa properti.


Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website Ray White Menteng di
https://menteng.raywhite.co.id/ atau hubungi Ray White Menteng di (62-21) 31909333 atau menteng@raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!

“Ray White Menteng, Your Best Property Agency Since 1998"


Share